Minggu, 29 Oktober 2017

ISD sebagai salah satu MKDU


ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU
Tugas Makalah ISD 1

ISD SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UMUM

1.1 Latar Belakang diberikannya Ilmu Sosial Dasar.
     Di dalam Pendidikan Tinggi ada yang namanya Ilmu Sosial Dasar, mungkin banyak dari kita yang meremehkan pelajaran ini. Namun pelajaran ini tidak bisa kita remehkan begitu saja, karena pelajaran ini merupakan salah satu komponen untuk memenuhi resep menjadi sarjana yang berkelas seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Layaknya sebuah computer, apabila salah satu komponennya rusak atau tidak dipakai, maka computer tersebut idak dapat berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan Ilmu Sosial Dasar yang diterapkan di Perguruan Tinggi, karena Ilmu Sosial Dasar merupakan komponen penting dalam membentuk Kemampuan Pribadi.


1.2 ISD : PENGERTIAN, TUJUAN, DAN 3 KELOMPOK ILMU PENGETAHUAN

A. Pengertian ISD
     Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.
Ilmu sosial dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.

B. Tujuan ISD
sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
     a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat
     b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya
     c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya  (mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner
     d. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat

C. 3 Kelompok Ilmu Pengetahuan

1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince )
    Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100% benar dan 100% salah. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antara lain ialah astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, dan mekanika.

2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince )
    Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100% benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu sosial antara lain ilmu ekonomi, sosiologi, politik, demografi, psikologi, antropologi sosial, sosiologi hukum, dan lain-lain.

3. Pengetahuan budaya ( the humanities )
    Bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Peristiwa-peristiwa dan pernyataan-pernyataan itu pada umumnya terdapat pada dalam tulisan-tulisan. Metode ini tidak ada sangkut pautnya dengan metode ilmiah, hanya mungkin ada pengaruh dari metode ilmiah.

1.3 ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan,
adapun persamaannya antara keduanya adalah :

A.      Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran
B.      Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
C.      Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial

adapun perbedaan antara keduanya adalah :

A.      Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan tinggi. sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan
B,      Ilmu Sosial Dasar Merupakan satu matakuliah tunggal, sedangkan ilmu pengetahuan sosial
ilmu pengetahuan sosial merupakan kelompol dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan)
C.      Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual


1.4 RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR

      Menurut para ahli, masalah sosial adalah suatu kondisi atau perkembangan yang terwujud dalam masyarakat yang berdasarkan atas studi, mempunyai sifat yang dapat menimbulkan kekecauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan.Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu:

1. Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.

2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan¬kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial.Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep “keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”.

3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Contoh masalah sosial terdapat berbagai ragam krisis moral kini terus menular, merebak dan mewabah dalam masyarakat kita khususnya di kalangan remaja. Di mulai dari narkoba, hacking, penipuan, hamil luar nikah, gengsterisme dan tawuran.
Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan
perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan.


DAFTAR PUSTAKA
1. CD E-LEARNING GUNADARMA
2.https://cesarmaul.wordpress.com/isd/

4 komentar: