ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU
Tugas Makalah ISD 1
ISD SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UMUM
1.1 Latar Belakang diberikannya Ilmu Sosial Dasar.
Di dalam Pendidikan Tinggi ada yang namanya Ilmu Sosial Dasar,
mungkin banyak dari kita yang meremehkan pelajaran ini. Namun pelajaran
ini tidak bisa kita remehkan begitu saja, karena pelajaran ini merupakan
salah satu komponen untuk memenuhi resep menjadi sarjana yang berkelas
seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Layaknya sebuah computer,
apabila salah satu komponennya rusak atau tidak dipakai, maka computer
tersebut idak dapat berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan Ilmu
Sosial Dasar yang diterapkan di Perguruan Tinggi, karena Ilmu Sosial
Dasar merupakan komponen penting dalam membentuk Kemampuan Pribadi.
1.2 ISD : PENGERTIAN, TUJUAN, DAN 3 KELOMPOK ILMU
PENGETAHUAN
A. Pengertian ISD
Ilmu Sosial Dasar
adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang
diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian
(fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian
dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti sejarah, ekonomi, geografi sosial,
sosiologi, antropologi, psykologi sosial.
Ilmu sosial dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu
sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki
obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
B. Tujuan ISD
sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial
Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a. Memahami dan
menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada
dalam masyarakat
b. Peka terhadap
masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya
c. Menyadari
bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat
kompleks dan hanya dapat mendekatinya
(mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner
d. Memahami jalan
pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi
dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam
masyarakat
C. 3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince )
Ilmu-ilmu alamiah
bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan
hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis
untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan.
Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100% benar dan 100%
salah. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antara lain ialah astronomi,
fisika, kimia, biologi, kedokteran, dan mekanika.
2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince )
Ilmu-ilmu sosial
bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan
antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman
dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100% benar, hanya
mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia
initidak dapat berubah dari saat ke saat. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu
sosial antara lain ilmu ekonomi, sosiologi, politik, demografi, psikologi,
antropologi sosial, sosiologi hukum, dan lain-lain.
3. Pengetahuan budaya ( the humanities )
Bertujuan untuk
memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk
mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan
kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
Peristiwa-peristiwa dan pernyataan-pernyataan itu pada umumnya terdapat pada
dalam tulisan-tulisan. Metode ini tidak ada sangkut pautnya dengan metode
ilmiah, hanya mungkin ada pengaruh dari metode ilmiah.
1.3 ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan,
adapun persamaannya antara keduanya adalah :
A. Kedua-duanya
merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran
B. Keduanya bukan
disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
C. Keduanya
mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial
adapun perbedaan antara keduanya adalah :
A. Ilmu Sosial
Dasar diberikan di Perguruan tinggi. sedangkan ilmu pengetahuan sosial
diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan
B, Ilmu Sosial
Dasar Merupakan satu matakuliah tunggal, sedangkan ilmu pengetahuan sosial
ilmu pengetahuan sosial merupakan kelompol dari sejumlah
mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan)
C. Ilmu Sosial
Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu
Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan
intelektual
1.4 RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR
Menurut para
ahli, masalah sosial adalah suatu kondisi atau perkembangan yang terwujud dalam
masyarakat yang berdasarkan atas studi, mempunyai sifat yang dapat menimbulkan
kekecauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan.Untuk dapat
menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat
mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep
sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar
dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu:
1. Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara
berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang
disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan
pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang
kenyataan¬kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang
sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam
Ilmu Pengetahuan sosial.Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya
konsep “keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”.
3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat,
biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu
dengan lainnya saling berkaitan.
Contoh masalah sosial terdapat berbagai ragam krisis moral
kini terus menular, merebak dan mewabah dalam masyarakat kita khususnya di
kalangan remaja. Di mulai dari narkoba, hacking, penipuan, hamil luar nikah,
gengsterisme dan tawuran.
Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan
Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok
Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan
mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan
perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi
kemakmuran dan kesejahteraan.
DAFTAR PUSTAKA
1. CD E-LEARNING GUNADARMA
2.https://cesarmaul.wordpress.com/isd/
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus
BalasHapusPostingan ini sangat bermanfaat
Judi bola di bolabets32.com
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus