BAB V
TREND SI/TI DALAM MASA DEPAN
A. EKONOMI API (Aplikasi
Penghubung Pemrograman)
API economy (application programming
interface economy) adalah istilah umum yang mendeskripsikan cara sebuah
aplikasi penghubung pemrograman (API) dapat secara positif mempengaruhi
profabilitas suatu organisasi. Dalam API itu terdapat
fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk menggantikan bahasa yang digunakan dalam
system calls dengan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh
programmer. Fungsi yang dibuat dengan menggunakan API tersebut kemudian akan
memanggil system callssesuai dengan sistem operasinya.
Keuntungan memprogram dengan
menggunakan API adalah:
- Portabilitas. Programmer yang
menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja
asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system callberbeda antar
sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
- Lebih Mudah Dimengerti. API
menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa
system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.
API Network
System call interface ini berfungsi
sebagai penghubung antara API dan system call yang dimengerti oleh sistem
operasi. System call interface ini akan menerjemahkan perintah dalam API dan
kemudian akan memanggil system calls yang diperlukan.
Untuk membuka suatu file tersebut
user menggunakan program yang telah dibuat dengan menggunakan bantuan API, maka
perintah dari user tersebut diterjemahkan dulu oleh program menjadi perintah
open().
Perintah open() ini merupakan
perintah dari API dan bukan perintah yang langsung dimengerti oleh kernel
sistem operasi. Oleh karena itu, agar keinginan user dapat dimengerti oleh
sistem operasi, maka perintah open() tadi diterjemahkan ke dalam bentuk system
call oleh system call interface. Implementasi perintah open() tadi bisa
bermacam-macam tergantung dari sistem operasi yang kita gunakan.
- Pemasaran Dimensi
Bidang pemasaran yang telah
berkembang secara pesat dalam setengah dekade terakhir, evolusi secara digital
yang dapat menghubungkan customer telah
membuat perubahan ynag drstis dalam dunia pemasaran. Terbentuknya visi baru
dari pemasaran membuat banyak perusahaan yang berinventasi pada teknolohi untuk
automasi pemasaran, pendekatan generasi selanjutnya omnichannel, pengembangan
konten, dan analitik customer.
Tahun ini, Manajemen Data
Platform (DMP) akan membawa semakin banyak offline dan data yang
dimiliki-channel bersama-sama dengan data media online untuk tampilan tunggal
pelanggan. Pemasaran dimensi akan memusatkan data, pengambilan keputusan, dan
pengiriman untuk memberikan nilai pada setiap langkah perjalanan konsumen.
Yang biasanya pemsaran dilakukan
pada billboard yang ada dipinggir jalan, atau iklan televisi, koran, maputun
radio, sekarang kita dapat memanfaatkan kan pemasaran produk menggunakan media
sosial. seperti contoh hashtag yang dimiliki twitter. media sosial yang dapat
bertukar fotor, video, pesan, dan menyebarkan postingan dapat dimanfaatkan para
marketer untuk memulai pemasaran produk miliknya. Hal ini dapat membuat market
semakin approachable bagi customers.
- Robot Manusia
Bagi kalian dan sekaligus saya, betapa
kerennya dunia ini jika manusia hidup dengan robot-support untuk setiap
pekerjaan kita seperti yang ada pada film sci-fi yang sedang trend baik pada
zaman dulu maupun yang lagi trend sekarang. Well, the future of robots already
here. ya, tanpa disadari sekarang sudah banyak robot disekeliling kita,
walaupun bentuk fisiknya tidak seperti apa yng telah kita imanjinasikan seperti
yang ada ada film kebanyakan namun robot sudah mengelilingi kehidupan manusia,
mesin atm, self-service checkout lanes, mesin pabrik, dll. Sehingga dimasa
depan robot menjadi lebih populer, efisien dan murah.
- Pekerja Teknologi Informasi
Bagi Masa Depan
Salah satu peranan teknologi
informasi bagi perusahaan yang paling nyata adalah semua pekerjaan akan lebih
cepat dan akurat. Penerapan teknologi informasi yang efektif akan mengurangi
biaya yang tidak diharapkan dan dapat meningkatkan fleksibilitas. Hal ini akan
terlihat dalam alur bisnis yang menjadi lebih terorganisir dan tersentralisasi.
Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya
menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi
dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi
menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice
Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang
mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
BAB VI
TREND SI/TI DI BIDANG BISNIS
1. Pengertian dan Tujuan Bisnis
Hooper :
Bisnis adalah Segala dan
keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan
(commerce) dan industri, industri dasar, processing, dan industri manufaktur
dan jaringan, distribusi, perbankkan,insuransi, transportasi, dan seterusnya
yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh (which serve and
interpenetrate) dunia bisnis secara menyeluruh.
Urwick dan hunt:
Bisnis adalah segala perusahaan
yang membuat, mendistribusikan, ataupun menyediakan segala barang ataupun jasa
yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu untuk
membeli atau membayarnya.
Tujuan Bisnis:
Pada umunya tujuan didirikannya
bisnis atau perusahaan tidak hanya profit orientedsemata, namun secara
keseluruhan tujuan didirikannya perusahaan meliputi :
-Profit
- Pengadaan barang atau jasa
- Kesejahteraan pemilik faktor
produksi dan masyarakat
- Full employment
- Eksistensi perusahaan dalam
jangka panjang
- Kemajuan atau pertumbuhan
- Prestise dan prestasi
2. Teknologi Informasi Dalam Dunia Bisnis
Teknologi informasi dapat
diimplementasikan dalam dunia bisnis, sehingga
transaksi menjadi lebih mudah dan cepat. berikut merupakan manfaatan teknologi
informasi dalam dunia bisnis:
- Mempermudah Cara Komunikasi
Bagi banyak perusahaan, email
adalah sarana utama komunikasi antara karyawan, pemasok dan pelanggan. Email
adalah salah satu pendorong awal Internet, Penggunaannya sangat mudah dan
relatif jauh lebih murah jika dibandingkan dengan faksimile untuk
berkomunikasi. Selama bertahun-tahun, sejumlah alat komunikasi lainnya juga
berkembang, yang memungkinkan para staf untuk saling berkomunikasi dengan
menggunakan sistem chat (chatting), alat pertemuan online dengan sistem
konferensi video seperti webinar, Voice over internet protocol (VOIP) dan masih
banyak lagi lainnya.
- Memberikan Pengetahuan dan
Sumber Informasi
Melalui internet, anda hanya
membutuhkan satu klik dan semua informasi sudah tersedia di depan mata Anda.
Semakin banyak pengetahuan yang anda peroleh mengenai bisnis, maka semakin
berkembang pula bisnis yang sedang anda kelola. Selain itu anda dapat dengan
mudah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor anda.
-
Manajemen Data
Deretan lemari arsip yang berisikan
dokumen-dokumen perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh
beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar
perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat
penyimpanan. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di
perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu
menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan
karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan
- Sistem Informasi Manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan
jika data yang dapat digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan
data itu sebagai bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan
taktis dari strategi itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan
perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas.
Informasi ini dapat digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu,
memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu
perbaikan.
- Prosedur Pendirian Bisnis,
Kontrak Kerja, dan Prosedur Pengadaan
Prosedur Pendirian Bisnis untuk membentuk sebuah badan
usaha kita harus melewati beberapa prosedur terlebih dahulu. Kali ini mari kita
diskusikan prosedur dan sedikit pengetahuan yang manyangkut pendirian badan
usaha atau bisnis. Sebelum melangkah lebih jauh, terlebih dahulu kita definisikan
apa itu badan usaha.
Badan Usaha adalah kesatuan
yuridis (hukum), teknis dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau
keuntungan. Badan Usaha seringkali disamakan dengan perusahaan, walaupun pada
kenyataannya berbeda. Perbedaan utamanya, Badan Usaha adalah lembaga sementara
perusahaan adalah tempat dimana Badan Usaha itu mengelola faktor-faktor
produksi.
Adapun beberapa alasan pendirian
suatu badan usaha adalah :
- Untuk hidup,
- Bebas dan tidak terikat,
- Dorongan sosial,
- Mendapat kekuasaan, atau
- Melanjutkan usaha orang tua.
Faktor-faktor yang harus dihadapi
atau diperhitungkan di dalam pendirian suatu badan usaha, khususnya di bidang
IT adalah :
- Barang dan Jasa yang akan dijual
- Pemasaran barang dan jasa
- Penentuan harga
- Pembelian
- Kebutuhan Tenaga Kerja
- Organisasi intern
- Pembelanjaan
- Jenis badan usaha yang akan
dipilih, dll.
- Aplikasi Bisnis
Aplikasi bisnis merupakan
aplikasi/program yang dapat didownoad melalui platform handphone atau komputer
yang bertujuan memudahkan transaksi bisnis.
Jenis Aplikasi Bisnis:
- QSB
Aplikasi ini bermanfaat untuk
membantu pelaku usaha dalam hal :
- Meramalkan nilai penjualan di
masa yang akan datang dengan berbagai metode dan pendekatan
- Menentukan jumlah produksi yang
paling ‘pas’ dan perubahan yang diijinkan
- Menentukan lokasi usaha yang
paling optimal
- Menentukan alokasi pengiriman
barang
- Menyelesaiakan masalah antrian
yang terjadi
- QM for Windows
Aplikasi ini manfaatnya sama
dengan aplikasi QSB di atas, namun versi gratisnyasudah tersedia di internet,
hanya saja tidak semua fasilitas bisa digunakan.
- Invest
Aplikasi ini bermanfaat untuk
pelaku usaha yang memiliki dana mengganggur dan ingin diinvestasikan ke surat
berharga (Investasi ini tidak monopoli pengusaha dengan dana besar, UMKM pun
bisa). Denga aplikasi ini, pelaku usaha akan dibantu menempatkan dana
menganggurnya dengan pertimbangan-pertimbangan yang lebih bisa dipertanggung
jawabkan.
- CDP
Aplikasi ini sangat bermanfaat
bagi pelaku usaha yang sering dihadapkan pada banyak pilihan, ketika akan
memutuskan sesuatu, misalnya :
- Mesin dengan merk apa yang akan
dipilih
- Jenis transportasi apa yang akan
dipakai untuk mengirim barang
- Pemasok mana yang akan dipilih
- Bentuk dan bahan kemasan yang
akan digunakan, dll
Dengan aplikasi ini, pelaku usaha
akan dibantu menentukan pilihan yang paling memungkinkan (baik), diantara
berbagai alternatif pilihan yang ada.
- OpenOffice
Aplikasi ini menjadi pilihan
apabila pelaku usaha ingin membuat dan mencetak berbagai dokumen usaha (surat
penawaran, daftar barang, dll). Dengan aplikasi ini pula pelaku usaha bisa
membuat anggaran, mengevaluasi kinerja/hasil usaha. Pelaku usaha juga bisa
melakukan presentasi dengan lebih menarik
- Proses dan Strategi Pengembangan
Bisnis TI
Aturan E-Business dalam Bisnis
E-Bisnis atau Electronic Business
merupakan segala aktivitas bisnis yang dilakukan menggunakan komputer atau
internet. Didalam e-bisnis terdapat e-dagang dan e-pemasaran.
Aturan E-Business Dalam Bisnis :
- Komunikasi
Yang dimaksud dengan komunikasi adalah
adanya fasilitas atau media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi,
layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan
perpindahan barang dari penjual ke pembeli. Media komunikasi yang memadai yang
bisa mempertemukan pelaku e-Business menjadi syarat utama terselenggaranya.
- Komersial (Perdagangan)
Sisi komersial yang disyaratkan
pada e-Business adalah adanya sistem untuk melakukan transaksi online mulai dari
promosi barang, pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman barang. Pembeli
barang memesan barang tidak memerlukan melihat barang secara langsung tetapi
melalui gambar atau spesifikasi yang tercantum dalam website. Sedangkan untuk
pemesanan, sistem shopping online terhubung dengan sistem inventory untuk
mengetahui stock barang sehingga barang yang dibeli memang ada. Untuk
pembayaran, sistem shopping online harus terhubung dengan otoritas pembayaran
misalnya bank atau penyedia kartu kredit agar nilai yang dibayarkan oleh
pembeli berasal dari alat pembayaran yang sah dan memiliki nilai yang cukup.
- Proses Bisnis
Setiap pelaku e-Business yang
ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin
dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan
memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama
pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis
jika dibandingkan dengan perdagangan yang dilakukan secara tradisional.
- Layanan
Bagi setiap institusi yang
menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet
seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis,
dan lebih terjangkau. Misalnya, dimensi barang yang ditawarkan beserta
spesifikasinya bisa diperiksa lebih seksama sebelum dibeli (diakses melalui
website), tidak diperlukan toko secara fisik, dan bisa diakses dari mana saja
dengan menggunakan internet. Bahkan dengan sistem informasi, customer bisat
dilayani secara khusus dan personal karena data-data aktifitas customer direkam
dan bisa dilakukan analisis untuk meningkatkan pelayanan.
- Learning
Untuk meningkatkan awareness baik
diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar
semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari
transaksi online. Perbedaan dengan transaksi tradisional adalah pembeli dan
penjual tidak perlu belajar sebelum melakukan transaksi sedangkan transaksi
online karena pengguna maupun pelaku tidak berhadapan dengan manusia tetapi
dengan mesin computer maka diperlukan proses edukasi agar mereka bisa
menggunakan fasilitas atau media transaksi dengan lancar.
- Kolaborasi
Satu siklus transaksi online
antara penjual dan pembeli melibatkan stakeholder lain yang harus berkolaborasi
untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Pada saat pembayaran maka akan terjadi
kolaborasi antara penyedia shopping online dengan bank atau penyedia kartu
kredit untuk menyelesaikan proses pembayaran. Setelah dibayar maka terjadi
kolaborasi antara penyedia shopping online dengan gudang, dan jasa pengiriman
barang untuk mengantarkan barang sampai ke pembeli. Pihak lain yang juga
terlibat adalah pihak asuransi untuk melakukan penjaminan transaksi maupun atas
barang yang dikirim. Kolaborasi yang terjadi dalam e-Business.
- Komunitas
Dalam dunia maya (world wide web)
komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna.
Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk belajar
dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun pengguna
dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar